Wujudkan Generasi Sadar Pajak, KPP Kupang Gelar Pajar Bertutur Bersama SMAN 3 Kupang

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kupang menggelar kegiatan Pajak Bertutur (Patur) Tahun 2023 bersama dengan SMAN 3 Kupang bertempat di Aula SMAN 3 Kupang, Kamis 27 Juli 2023.

EXPONTT.COM – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kupang menggelar kegiatan Pajak Bertutur (Patur) Tahun 2023 bersama dengan SMAN 3 Kupang bertempat di Aula SMAN 3 Kupang, Kamis 27 Juli 2023.

Acara yang bertemakan “Sehari Mengenal, Selamanya Bangga,” tersebut dihadiri oleh kurang lebih 100 (seratus) perwakilan siswa dari SMAN 3 Kupang.

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Kepala SMAN 3 Kupang, Ishak Daniel Elias Balbesi. Melalui sambutannya Ishak memaparkan betapa pentingnya generasi muda yang sadar akan pajak sehingga dapat membangun negara Indonesia secara berkelanjutan.

Baca juga: Pelanggan Meningkat, Indosat Catat Laba Bersih Rp1,9 Triliun di Semester I 2023

“Contoh hasil dari pajak yang bisa kami rasakan adalah melalui program Kartu Indonesia Pintar dan beasiswa bagi pelajar. Harapannya melalui kegiatan ini siswa-siswi SMAN 3 Kupang mendapatkan pengetahuan baru dan sudut pandang baru mengenai perpajakan,” ujar Ishak.

Kepala KPP Pratama Kupang, Ni Dewa Agung Ayu Sri Liana Dewi juga turut memberikan sambutan. Dalam sambutannya, Ayu menyatakan dalam program edukasi perpajakan, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) tidak hanya menargetkan untuk menjangkau para Wajib Pajak yang sudah terdaftar, namun juga calon Wajib Pajak masa depan.

“Dalam rangka mewujudkan generasi sadar pajak, DJP telah menyiapkan program edukasi perpajakan untuk generasi muda melalui pendidikan inklusi kesadaran pajak,” tutur Ayu dalam sambutannya.

Baca juga: Polisi Tangkap 3 Pelaku Pengeroyokan Hingga Tewas di Jalan El Tari

Inklusi kesadaran pajak tersebut dilakukan secara terintegrasi dan terinternalisasi dalam suatu bagian dari media atau kegiatan lain yang dilaksanakan oleh pihak ketiga.

Ayu mengungkapkan, kegiatan Pajak Bertutur ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan secara serentak oleh DJP di seluruh Indonesia.

“Kami bekerja sama dengan berbagai institusi pendidikan untuk melakukan kegiatan Pajak Bertutur ini. Tujuannya adalah untuk mewujudkan generasi muda yang cerdas dan sadar pajak, karena mereka adalah calon Wajib Pajak di masa yang akan datang,” pungkas Ayu.

Baca juga: Profil Lengkap Frans Aba, Bakal Calon Gubernur NTT yang Punya Potensi Bawa Perubahan Ekonomi 

Materi mengenai Pengenalan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Perpajakan selanjutnya disampaikan oleh Joshua Deno Christwen Harefa selaku Fungsional Asisten Penyuluh Pajak Terampil KPP Pratama Kupang.