Politisi Senior Prediksi 3 Paslon di Pilgub NTT 2024

Anwar Pua Geno

EXPONTT.COM, KUPANG – Politisi senior Nusa Tenggara Timur (NTT) yang juga mantan Ketua DPRD Provinsi NTT 2014-2019, Anwar Pua Geno, memprediksi akan ada tiga pasangan yang berkompetisi di Pemilihan Gubernur NTT 2024.

Melihat peta politik pasca pemilihan presiden pada pemilu Februari 2024 lalu, Anwar Pua Geno memprediksi sejumlah kemungkinan koalisi yang akan diusung pada Pilgub 2024.

Pertama, koalisi PDIP – HANURA – PERINDO dengan Calon Gubernur, Ansy Lema atau Emi Nomleni dengan Calon Wakil Gubernur, Refafi Gah.

Baca juga: Pilgub NTT 2024: Peluang Koalisi Golkar-PSI dan Pasangan Melki Laka Lena-Jane Natalia Suryanto

Sebagaimana diketahui Ansy Lema adalah Anggota DPR RI sementara Emy Nomleni dan Refafi Gah masing-masing menjabat Ketua dan Anggota DPRD Provinsi NTT. Keduanya juga merupakan pimpinan partai di tingkat provinsi. Emi Nomleni Ketua PDI Perjuangan Provinsi NTT sementara Refafi Gah Ketua Partai Hanura NTT.

Kedua, koalisi NASDEM – GERINDRA – PKB dan PKS yang diprediksi akan mengusung Calon Gubernur Simon Petrus Kamlasi dan Calon Wakil Gubernur, Andre Garu.

Koalisi ini menarik karena mengusung seorang Perwira Tinggi TNI AD berbintang satu yang pernah menjabat KasRem 161 Wirsakti dan Calon Wakil Gubernur, Andre Garu, mantan Anggota DPD RI.

Baca juga: Safari Politik ke Flores, Jane Natalia Suryanto Temui Masyarakat Hingga Uskup Maumere

Ketiga, koalisi GOLKAR – DEMOKRAT – PAN dan PSI yang akan mengusung Calon Gubernur Emanuel Melkiades Lakalena (Anggota DPR RI / Wakil Ketua Komisi IX dan Ketua DPD Partai Golkar NTT).

Sementara Calon Wakil Gubernur yang berpotensi besar dipasangkan dengan Melki Laka Lena adalah Jane Natalia Suryanto (Ketua Dewan Pembina PSI NTT).

Jane Natalia Suryanto dari PSI NTT memiliki posisi tawar lebih kuat sebagai Calon Wakil Gubernur NTT dalam Koalisi ini karena PSI memiliki 6 Kursi di DPRD Provinsi NTT.

Baca juga: PKB Sebut Melki Laka Lena Putra Terbaik yang Akan Hapus Stigma Negatif NTT

Sebagai figur perempuan, Jane Natalia Suryanto, kian hari juga sudah sangat dikenal luas oleh rakyat NTT.

Dirinya pada Pileg 2024 maju sebagai sebagai calon DPR RI dari Dapil NTT 2 meski tidak masuk ke Senayan, dirinya berhasul meraih 46 ribu lebih suara.

Keunggulan lain Cawagub dari PSI NTT ini adalah sudah lebih dari 3 tahun, dirinya melakukan program-program pemberdayaan sosial masyarakat NTT di desa-desa sehingga namanya sudah dikenal dan memiliki basis segmen pemilih tersendiri.

Baca juga: Melki Laka Lena Didorong Golkar Maju Pilgub, Josef Nae Soi: Saya No Comment

Meski begitu, Anwar Pua Geno menganalisa, Pilgub NTT bisa saja diikuti oleh 4 pasang calon.

“Ada nama Cagub potensial Orias Petrus Moedak (Mantan Pimpinan BUMN) dan Cawagub, Sebastianus Salang apabila bisa menarik sebagian Parpol yang ada dalam poros koalisi PDIP dan Partai Golkar,” ujar politisi Partai NasDem ini, Selasa, 4 Juni 2024.

Dirinya menuturkan bahwa, Pilkada NTT kali ini akan semakin seru dan menarik kalau apabila diikuti oleh tiga hingga empat paslon.

“Kita ikuti terus saja dinamika peta partai politik di tingkat pusat dalam negosiasi dan kompromi politik dalam rangka koalisi mengusung Paslon Cagub dan Cawagub NTT,” pungkasnya.(*)

Baca juga: Sama-sama Dapat Rekomendasi PAN, Melki Laka Lena dan Jane Natalia Suryanto Jadi 1 Paket di Pilgub NTT?