Bupati Ende Tinjau SMKN 7 di Monu Yang Tertimbun Lonsor

EXPONTT.COM – Bupati Ende, Drs. H. Djafar H. Achmad, MM bersama rombongan, Selasa, 3 Agustus 2021 meninjau lokasi SMKN 7 Ende di Moni Kecamatan Kelimutu yang tertimbun longsor akibat banjir dan tanah longsor yang menimpa wilayah tersebut.

Kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Plt. Badan Penanggulangan Bencana Daerah yang turut serta dalam peninjauan tersebut Bupati Djafar Achmad perintahkan untuk segera membersihkan material dan membangun tenda darurat agar aktivitas belajar mengajar tidak terganggu.

Terkait penanganan kerusakan gedung sekolah lebih lanjut Bupati Pemerintah Kabupaten Ende melalui Kepala Dinas P dan K telah berkoordinasi dan melaporkan kepada pemerintah Provinsi tentang kerusakan gedung sekolah tersebut mengingat urusan SMA/SMK saat ini merupakan kewenangan Provinsi.

“Kita sudah laporkan terkait kerusakan gedung sekolah SMKN 7 Moni, urusan SMA/SMK sekarang sudah jadi kewenangan Provinsi, kita Kabupaten hanya urus yang tanggap darurat” ujar Bupati Djafar.

Kepala sekolah SMKN 7 Moni, Fabianus Gheta pada kesempatan tersebut menyampaikan terimakasih kepada Bupati yang telah berkunjung dan memantau secara langsung kondisi sekolah yang tertimbun longsor beberapa hari lalu.

Fabianus menjelaskan akibat longsor telah menyebabkan kerusakan gedung belakang tiga ruang kelas dan satu ruangan komputer sehingga aktivitas sekolah sementara terhenti.

Pihaknya demikian Fabianus telah meminta pemerintah Provinsi melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan agar dapat memperbaiki kerusakan gedung sekolah sehingga aktivitas belajar mengajar kembali berjalan.

Pada kesempatan yang sama Bupati juga melakukan peninjauan pada wilayah yang terdampak bencana lainnya di Kecamatan Lio Timur dan Kecamatan Wolowaru. Bupati pada kesempatan tersebut berkenan memberikan bantuan dan santunan kepada keluarga korban banjir bandang di Kecamatam Lio Timur atas nama Martina Toha dan santunan tersebut langsung diterima keluarga korban. ♦ prokopim/helen mei