Warga di Sumba Timur Temukan Bayi Dibuang di Pinggir Jalan, Dibungkus Kain Tenun

Warga di Sumba Timur temukan bayi perempuan di pinggir jalan

EXPONTT.COM, SUMBA – Seorang bayi berjenis kelamin ditemukan di salah satu pinggir jalan di Laikakang, Desa Kambuhapang, Kecamatan Lewa, Jumat, 5 Juli 2024. Bayi tersebut ditemukan oleh dua warga setempat, Marthinus Maha Kamilo (60) dan Yumianti Kaka Bili (52) yangs saat itu sedang jalan pagi.

Bayi yang ditemukan dalam keadaan masih hidup dengan dibungkus kain tenun bermotif khas Sumba sekitar pukul 05.30 WITA.

Kapolres Sumba Timur, AKBP Fajar WLS melalui Kapolsek Lewa, Ipda Marius P. Himbir, mengatakan bayi yang ditemukan tersebut diperkirakan baru lahir dua jam sebelum ditemukan. “Bayi berjenis kelamin perempuan, panjang 48 centimeter dan berat 2,175 gram,” jelasnya, mengutip Digtara.

Baca juga:Β Wilayah NTT Dilanda Angin Kencang Hingga 6 Juli 2024

Kapolsek Lewa menuturkan, dua warga yang menemukan sang bayi, yakni Marthinus da Yuminati, mulanya keluar dari rumah dan mulai berjalan pagi. saat tiba di mimpang Padamu terdengar suara tangisan bayi yang berasal dari balutan kain yang terletak di pinggi jalan.

Keduanya kemudian mencari sumber suara tersebut dan menemukan sang bayi berada di pinggir jalan. “Bayi ditemukan dibungkus dengan kain tenun motif Sumba masih lengkap dengan tali pusar dan ari-arinya,” ujar Kapolsek Lewa.

Keduanya kemudian membawa anak tersebut ke Puskesmas Lewa untuk diberikan perawatan medis. “Hingga saat ini masih diberikan penanganan medis di puskesmas,” tambahnya.

Baca juga:Β Anggota DPRD Kota Kupang Terpilih Jadi Tersangka Kasus Kredit Fiktif Bank NTT Senilai Rp100 Miliar

Polisi telah melakukan olah TKP dan memeriksa sejumlah saksi untuk mencari tahu siapa orang tua dari bayi tersebut. “Kami akan terus lakukan penyelidikan terkait temuan bayi ini. Namun sekarang masih difokuskan pada penanganan dan perawatan bayi,” ujarnya.

Disebutkan juga Marthinus dan Yumianti siap mengasuh anak tersebut jika tidak ada yang mengakui anak tersebut.(*)

Baca juga:Β Β Tak Disiapkan Makan Siang, Pria di Malaka Tebas Istri Hingga Tewas