DPP Gerindra Akan Tunjuk Ketua DPRD Kota Kupang, “Yang Punya Pengalaman Chris Baitanu”

Sekretaris DPD Gerindra NTT, Fernando Osorio Soares / foto: Gorby Rumung

EXPONTT.COM, KUPANG – Dari hasil rekapitulasi dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 Tingkat Kota Kupang yang digelar 1-4 Maret 2024, Partai Gerindra menjadi partai politik dengan perolehan suara akumulasi terbanyak di Kota Kupang.

Partai Gerindra berhasil meraih lima kursi dengan akumulasi suara sebanyak 25.403 suara.

Partai Gerindra berhasil meraih lima kursi DPRD Kota Kupang di lima dapil, diantarnya, Moses Mandala (Dapil Kelapa Lima, Dance Bistolen (Dapil Maulafa), Maria Rosalinda Uta Teku (Dapil Oebobo), Christian Baitanu (Dapil Alak) dan Richard Odja (Dapil Kota Lama-Kota Raja).

Baca juga: Ini Perolehan Suara 40 Caleg yang Lolos ke DPRD Kota Kupang, 3 Caleg Catatkan Rekor

Hasil ini secara otomatis membuat Partai Gerindra berhak atas palu pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kupang.

Meski begitu, Partai Gerindra belum mengeluarkan secara resmi nama caleg yang akan memegang palu pimpinan DPRD Kota Kupang.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Nusa Tenggara Timur (NTT), Fernando Soares, menjelaskan, keputusan siapa yang akan menjadi Ketua DPRD Kota Kupang akan ditentukan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra.

Baca juga: KPP Pratama Kupang Targetkan Rp1,7 Triliun Penerimaan Pajak di Tahun 2024

“Kami tidak punya wewenang dan tidak bisa berspekulasi. DPD hanya mengusulkan nama. Kami usul lima nama calon yang akan dilantik menjadi DPRD. Nanti (SK) Surat Keputusan dari DPP akan turun, juga dengan nama yang dipilih DPP sebagai ketua DPRD dan ketua fraksi,” jelasnya, Rabu, 6 Maret 2024.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Nando ini menjelaskan, Partai Gerindra memiliki sejumlah kriteria bagi bagi kader partai agar bisa ditunjuk sebagai ketua DPRD.

“Pertama dilihat kontribusi pada kemenangan. Ukuran utama Partai Gerindra yakni loyalitas, kerja keras dan kontribusi pada partai bagaimana. Yang kedua posisi di struktur partai, itu juga dilihat oleh DPP. Kemudian kapasitas orang yang ditunjuk sebagai apa. Saya pikir kita serahkan ke DPP, karena DPP lebih paham siapa yang pantas memenuhi kriteria,” pungkas Nando.

Baca juga: Saksi Ganjar-Mahfud di Kupang Tolak Tanda Tangan Berita Acara Rapat Pleno

Dirinya mengatakan, lima caleg yang berhasil meraih kursi di DPRD Kota Kupang memiliki peluang yang sama untuk menjadi ketua DPRD.

“Semua pejuang Partai Gerindra dan mereka semua berkontribusi untuk partai. Lima orang ini sama-sama punya pengalaman dan kapasitas masing, saya pikir semua punya peluang, tapi yang berpengalaman dipimpinan Pak Chris Baitanu,” pungkasnya.♦gor

Baca juga: Update Perolehan Suara DPD RI Dapil NTT, El Asamau Tersingkir Dari 4 Besar