SMA Seminari St Rafael Kupang Gelar Pemilihan Ketua Osis Periode 2024, Penerapan P5 dan Pentingnya Demokrasi

Para guru dan siswa saat pemungutan suara pemilihan Pengurus Osis Periode 2024, Rabu, 31 Januari 2024 / foto: Gorby Rumung

EXPONTT.COM, KUPANG – Sekolah Menengah Atas Seminari Santo Rafael (Smastra) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar pemilihan pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) periode 2024.

Pemilihan yang mengsung tema “Hadir Siap dan Selesai Tepat Waktunya” ini digelar di Aula Smastra, Rabu, 31 Januari 2024.

Romo Kepala Sekolah Smastra Kupang, RD Franky Kopong, Pr. mengatakan, pemilihan Osis merupakan perwujudan atau implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) serta mengenal pentingnya demokrasi.

Baca juga: Mengapa Prabowo Ingin Menjadi Presiden?

“Bagaimana kita belajar dan mempraktekan berdemokrasi. Ada nilai, nilai yang bisa kita ambil dari berdemokrasi. Ada nilai musyawarah mufakat, nilai transparan dan nilai integrasi,” ungkapnya kepada para seminaris.

Romo Kepala SMA Seminari St. Rafael Oepoi, RD. Franky Kopong Pr. saat sambutan pemilihan Osis Periode 2024 / foto: Gorby Rumung

Dengan mengusung tema pemilihan pengurus Osis “Hadir Siap dan Selesai Tepat Waktunya”, Romo Franky Kopong menyebut tema tersebut menjadi pedoman yang dipakai ketua Osis dalam memimpin selama menjabat.

“Tema ini artinya, seminari tidak mau ada yang tidak beres, harus selesaikan semua tugas yang dipercayakan, baik sebagai pengurus Osis maupun sebagai siswa,” tuturnya.

Baca juga: Presiden Jokowi Ubah Libur ‘Isa Almasih’ Jadi ‘Yesus Kristus’

RD Franky Kopong menambahkan, seorang pemimpin harus bisa memimpin dirinya terlebih dahulu sebelum memimpin orang lain.

“Pemimpin tak harus selalu didepan, namun harus bisa memulai dari diri sendiri, setelah bisa memimpin diri sendiri secara otomatis bisa memimpin orang lain dalam sebuah organisasi, itulah pendidikan karakter,” ungkapnya.

Sementara itu, Romo Rektor Smastra Kupang, RD Cristoforus Bano Taslulu, yang membuka secara resmi pemilihan Osis, mengatakan, Osis menjadi sarana untuk berorganisasi dan berproses menjadi pemimpin di waktu kedepan.

Baca juga: Beriman Dan Percaya Total Kepada Yesus

“Pemimpin negara hingga daerah semua anggota legislatif dan orang hebat berasal dari organisasi,” ungkapnya.

Selain itu, dirinya mengatakan dengan berorganisasi, setiap orang bisa belajar berorganisasi dan memanfaatkan potensi-potensi yang ada. “Siapapun yg terpilih sebagai pengurus Osis selamat bekerja,” pungkasnya.

Dalam pemilihannya, tiga pasangan maju sebagai calon pengurus Osis, diantaranya, Yeremias Kolli dan Destianus Amasanan (YES), Johanes jemarut dan Santiago Huller (JAGO), serta pasangan Yohanes Tenga dan Marcelino Silab (RYVAL).

Baca juga: Laba Bank NTT Akhir Tahun 2023 Terpuruk

Ketiga pasangan diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi misi kepada seluruh seminaris pemilih serta guru dengan diberikan pertanyaan oleh tim yang terdiri dari guru.

Usai menyampaikan visi misi, pemungutan suara dilaksanakan oleh para seminaris dan guru yang memiliki hak suara.♦gor

Baca juga: Presiden Jokowi Ubah Libur ‘Isa Almasih’ Jadi ‘Yesus Kristus’