Diperiksa Jadi Saksi, Jonas Salean Tak Ditahan Penyidik Kejati NTT

Jonas Salean usai jalani pemeriksaan di Kejati NTT, Rabu, 5 Juni 2024 / foto: Gorby Rumung

EXPONTT.COM, KUPANG – Mantan Wali Kota Kupang, Jonas Salean dipersilahkan untuk pulang oleh penyidik Kejakasan Tinggi (Kejati) Nusa Tenggara Timur (NTT) usai diperiksa selama kurang lebih delapan jam di Kejati NTT, Rabu, 5 Juni 2024.

Dirinya diperiksa terkait kasus dugaan korupsi pengalihan aset Pemda Kabupaten Kupang senilai Rp5,9 miliar yang menyeret namanya.

Calon Wali Kota Kupang 2024-2029 ini dipersilahkan pulang usai menjalani pemeriksaan sebagai saksi sejak pukul 09.00 hingga pukul 17.50 WITA oleh penyidik Kejati NTT.

Baca juga: DPP Partai Amanat Nasional Rekomendasikan Jonas Salean Sebagai Walikota Kupang 2024-2029

Anggota DPRD NTT 2019-2024 ini diperiksa sebagai saksi terkait kasus pengalihan aset tanah milik Pemerintah Kabupaten Kupang dengan terbitnya Sertifikat Hak Milik Nomor: HM 00839 – Fatululi dan Surat Ukur Nomor:85/Fatululi/2013 seluas 420 meter persegi.

Baca juga:  Kronologi Pria di Rote Cabuli Gadis 17 Tahun yang Sedang Tidur di Kamar

Hal ini juga menepis kabar dirinya akan ditahan terkait kasus tersebut. “Habis pemeriksaan saya disuruh pulang,” kata Jonas usai jalani pemeriksaan di Kejati NTT kepada awak media.

Ketua Golkar Kota Kupang ini mengaku pemeriksaan dirinya untuk memperjelas status tanah tersebut. “Saya ditanya guna memperjelas status tanah itu,” jelasnya.

Baca juga:Jonas Salean dan Jefri Riwu Kore Bakal Calon Walikota Kupang Akan Bersaing Ketat

Kuasa hukum Jonas Salean, Rian Kapitan mengatakan pemeriksaan Jonas Salean ini sebagai saksi, karena jika sebagai tersangka, maka pasti akan didampingi pengacara.

Baca juga:  Pilgub NTT: DPP Gerindra Akan Usung Calon Wakil Pendamping Melki Laka Lena

“Statusnya masih sebagai saksi, jika sudah tersangka maka tentunya akan didampingi oleh kami,” katanya.

Pemeriksaan Jonas Salean ini, lanjut Rian, sebagai saksi atas tersangka telah ditahan yakni Erwin Piga.

Baca juga:Hasil Survey Lembaga Survey Nasional Charta Politika Indonesia, Nama Jonas Salean Teratas 41,05 Persen Dipilih Warga Kota Kupang

Kasie Penkum Kejati NTT, Agung Raka Putra Dharmana mengatakan pemeriksaan Jonas Salean ini terkait dugaan kasus korupsi pengalihan aset tanah. “Pemeriksaan Jonas ini atas tersangka lain yang telah ditahan,” katanya.

Baca juga:  Gedung DPRD Kabupaten Kupang yang Dirusak OTK Ternyata Tak Punya CCTV dan Regu Keamanan

Dia menegaskan pemeriksaan Jonas masih sebatas sebagai saksi. “Sementara ini dia (Jonas) diperiksa masih sebagai saksi,” pungkasnya.

Pantauan Expo NTT, selama Jonas Salean diperiksa, puluhan pendukung dan simpatisan menduduki halaman Kejati NTT. Nampak juga tim sukses dan keluarga ikut mengawal pemeriksaan yang dijalani Jonas Salean dari luar gedung Kejati NTT.♦gor

Baca juga:Jonas Salean VS Jefri Riwu Kore 2024-2029