Aliansi Pemuda NTT – Jakarta Minta Kapolri Turun Tangan Tangani Kasus Pembunuhan Astri dan Lael

aliansi pemuda ntt jakarta
Massa mengatasnamakan Aliansi Pemuda NTT-Jakarta melakukan aksi di depan Bareskrim Polri. (Mulia Budi/detikcom)

Lebih lanjut, dijelaskan, dasarnya sangat jelas bahwa latar belakang peristiwa pembunuhan ini tidak terjadi seketika, tetapi pembunuhan telah dirancang dan disusun secara jelas.

Faktanya almarhumah Astri Manafe dan anaknya Lael Maccabee terlebih dahulu dijemput, kemudian di tempat kejadian perkara (TKP) sudah ada linggis, lakban dan kantong sampah besar yang digunakan untuk memasukkan jenazah.

Bagian ini seharusnya menjadi petunjuk kuat bahwa pembunuhan yang terjadi bukanlah pembunuhan biasa, tetapi pembunuhan yang telah direncanakan terlebih dahulu.

Selanjutnya, dijelaskan, Aliansi Pemuda NTT menilai bahwa rekontruksi tersebut belum berkesesuaian antara keterangan tersangka dengan hasil autopsi sebagaimana disampaikan dalam keterangan tersangka bahwa Astri membunuh Lael sehingga tersangka Randy membunuh Astri.

Baca juga: Dorong Pariwisata Sikka, Pemkab Bangun Tugu Lonceng Raksasa

Selain itu, cara pembunuhan yang dilakukan Randy dilakukan dengan cara mencekik leher korban. Namun hasil otopsi ada luka di kepala Astri karena kekerasan benda tumpul.

Maka dengan berbagai kejanggalan yang ada perlu membuka dan memeriksa GPS mobil dan lokasi HP milik istri tersangka Randy yang juga salah satu saksi dalam kasus ini.

Kemudian, perlu dibuka rekaman CCTV toko Rukun Jaya, Kantor Badan Pemeriksa Keuangan dan rumah dari saksi Ira di Naikolan.

Baca juga: Jadwal Final AFF 2020, Catatan Buruk Lawan Thailand Bayangi Timnas Indonesia

Selanjutnya memeriksa karyawan tempat cuci mobil, memeriksa karyawan toko penjualan karpet mobil tempat tersangka diduga mengganti karpet dan jok motor, dan mengambil ketersangan dari tetangga tersangka di perumahan Griya Avia Alak.

Tak hanya itu, polisi juga perlu memeriksa massa otot dan kekuatan otot tersangka untuk menentukan apakah tersangka mampu mengangkat, memindahkan, menguburkan jasad korban seorang diri.

Selain itu, polisi harus meminta data record nomor handphone saksi Ira (istri tersangka) sebelum kejadian. Saat memeriksa tersangka dan saksi Ira, polisi harus menggunakan lie detector (alat tes kebohongan) dan menghadirkan ahli mikro expression.

Baca juga: Suami-Istri di Rote Dianiaya Tamu yang Datang Selamat Natal, Istri Meninggal