Tular Nalar dan KGBN Ende Gelar Sekolah Kebangsaan di SMKN 7 Ende

Tular Nalar dan KGBN Ende gelar sekolah kebangsaan di SMKN 7 Ende

EXPONTT.COM, KUPANG – Tular Nalar sebuah program pelatihan literasi digital yang diinisiasi oleh Masyarakat Antifitnah Indonesia (Mafindo) bersama Love Frankie dan didukung oleh Google.org bersama Mitra Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN) Kabupaten Ende Mengelar Pelatihan sekolah kebangsaan di SMKN 7 Ende pada tanggal 28 Oktober 2023.

Tular Nalar hadir sebagai portal pembelajaran online, dengan tujuan untuk membantu publik dalam mengidentifikasi hoaks melalui literasi media dan pemikiran kritis.

Sistem pendidikan konvensional kurang menyediakan pembekalan yang cukup bagi pada pelajar, utamanya sebagai first-time voters dengan skill yang diperlukan untuk mengarungi dunia digital secara efektif, apalagi menjelang tahun politik 2024.

Baca juga: LLDIKTI NTT Gandeng Satuan Pendidikan Deklarasi Merdeka dari Kekerasan Seksual dan 3 Dosa Besar Pendidikan

Tular Nalar, sebagai program yang berakar kuat pada prinsip-prinsip demokrasi, maju memberikan solusi dan mengisi kekosongan tersebut dengan metode pendekatan prebunking atau pengideraan, yang secara proaktif menjadi vaksin untuk memperlambat penyebaran konten dan berita hoaks pra-pemilu, ujaran kebencian, dan misinformasi yang bermuatan kacau isi, kacau emosi, dan kacau diri.

Kordinator Kegiatan sekolah kebangsaan Wilfridus Kado menyampaikan Kegiatan sekolah kebangsaan merupakan vaksin bagi pemilih Pemula agar mampu berpikir kritis terhadap setiap Informasi yang diperoleh menjelang Pemilu 2024.

“Kemampuan dalam membangun keterkaitan dari beragam informasi, kemudian menganalisis dan mengevaluasi informasi tersebut sebelum menyimpulkan hasilnya.Itulah Karakter Pelajar Pancasila (P5)”. Ujar Wilfridus.

Tular Nalar berkolaborasi dengan KPU dan BAWASLU Kabupaten Ende yang juga turut menjadi narasumber dalam pembekalan informasi dan pengetahuan tentang pemilu dan Demokrasi yaitu Ketua BAWASLU Kabupaten Ende Basilius Wena, SH, Komisioner KPU Kabupaten Ende Izmir Rizaldi, S.Pd, dan dihadiri pula oleh Panwascam Kelimutu, PPK Kelimutu, PKD dan PPS.(*)

Baca juga: Rayakan HUT Pertama, La Cove Beach Resto & Bar Hadirkan Lomba Masak dan Mural hingga Musisi Ternama NTT