George Hadjoh Resmi Jadi Penjabat Wali Kota Kupang, Masalah Sampah Jadi Salah Satu Program Utama

Gubernur NTT Viktor Laiskodat saat melantik George Hadjoh sebagai Pj Wali Kota Kupang / flobamora-spot.com

EXPONTT.COM – Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat melantik Kepala Biro Umum Sekretariat Daerah NTT George Melkianus Hadjoh sebagai Penjabat Wali Kota Kupang.

Pelantikan tersebut dilaksanakan di Aula El Tari, Kota Kupang, Senin 22 Agustus 2022.

Pengangkatan George Hadjoh sebagai Penjabat Wali Kota Kupang sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor: 131.83.5116 tertanggal 12 Agustus 2022 tentang Pengangkatan Penjabat Wali Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur.

“Mengangkat Saudara George Melkianus Hadjoh SH, Kepala Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur Sebagai Penjabat Walikota Kupang dan Selama yang bersangkutan menduduki Jabatan dimaksud diberikan tunjangan Kepala Daerah sesuai Ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku”, demikian salah satu butir Keputusan Menteri Dalam Negeri RI.

Setelah Pembacaan Keputusan Menteri Dalam Negeri RI dilanjutkan Pengucapan Janji Jabatan yang dipandu langsung oleh Gubernur NTT dan diikuti dengan Pengukuhan oleh rohaniawan Pdt. Jeane M. Olivier- Nalle, M.Th.

Setelah itu, dilakukan Penandanganan Berita Acara Janji Jabatan secara berturut-turut oleh Pejabat yang telah mengangkat janji dan Gubernur Nusa Tenggara Timur.

Usai pengukuhan gubernur melakukan pemasangan tanda pangkat jabatan dan penyematan tanda jabatan diikuti penandatangan naskah pelantikan oleh Gubernur NTT juga penandatanganan Pakta Integritas.

Serta dilakukan penyerahan memori jabatan dari Walikota Kupang Masa Jabatan 2017 – 2022 kepada Penjabat Walikota Kupang. Acara kemudian diakhiri dengan foto bersama.

Pengangkatan Penjabat Wali Kota Kupang tersebut dilakukan setelah masa jabatan Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore dan Wakil Wali Kota Hermanus Man berakhir pada 22 Agustus 2022 setelah menjabat lima tahun sejak 2017.

Dalam Surat Keputusan Mendagri Tito Karnavian yang dibacakan Asisten I Setda NTT Erni Usboko juga disebutkan enam tugas yang harus dilaksanakan penjabat wali kota.

Salah satunya adalah menyiapkan pelaksanaan Pemilihan Umum 2024, baik pemilu legislatif dan pemilu presiden maupun pemilihan kepala daerah.

Usai proses pelantikan, Gubernur NTT Viktor B. Laiskodat tidak memberikan komentar apa pun mengenai penunjukan George Hadjoh sebagai Pejabat Wali Kota Kupang.

Sementara George Hadjoh saat ditemui usai pelantikan mengatakan bahwa jebatan yang diperoleh adalah anugerah dari Tuhan.

Oleh karena itu, berbagai perubahan akan dilakukan di Kota Kupang, seperti penataan kota dan birokrasi.

“Kami akan kerja keras untuk membangun kota ini. Hanya disiplin dan kerja keras saja peduli dan berani adalah modal utama membangun kota ini,” ujarnya.

Masalah sampah di Kota Kupang juga akan menjadi salah satu dari beberapa program utama yang dijalankan.

Hadjoh juga akan memberikan fasilitas kepada jurnalis di balai kota untuk membantu Pemerintah Kota Kupang dalam hal pemberitaan yang membangun.